CatKul Dasar Pemrograman: Terminologi Pemrograman & Logika Pemecahan Masalah

catkul dasar pemrograman: terminologi pemrograman dan logika pemecahan masalah

Hari ini, Rabu 9 Maret 2016 terjadi perisitiwa yang sangat langka di bumi pertiwi kita. Ya, sebagian wilayah nusantara terjadi peristiwa gerhana matahari total. DKI Jakarta, tempat dimana saat ini ane tinggal, hanya terjadi gerhana matahari parsial, tidak total.

Di bulan ini juga, ane memulai aktifitas baru, kuliah tjoy! Mulai merasakan yang namanya mahasiswa.

Di bulan ini juga, blog ane akan ada kategori baru, "CatKul" singkatan dari Catatan Kuliah. Berisi catatan-catatan yang ane dapat saat kuliah, ya untuk mengingat kembali dan bisa menjadi sebuah kenangan, hehe.

CatKul pertama ini mata kuliahnya adalah dasar pemrograman dengan materi terminologi pemrograman dan logika pemecahan masalah. Terminologi? Apa tuh? Masih asing di telinga ane. Setelah gugling, ane menyimpulkan kalau terminologi itu adalah peristilahan.

Terminologi Pemrograman

Terminologi pemrograman berarti peristilahan yang ada pada pemrograman. Di pemrograman ada istilah algoritma, program, bahasa pemrograman, kode sumber, programmer, dan software. anejabarkan satu persatu.

Algoritma, yaitu urutan langkah logis pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah secara sistematis.

Program, yaitu kumpulan instruksi tertulis untuk melakukan tugas tertentu dengan menggunakan komputer.

Bahasa pemrograman, yaitu bahasa atau instruksi yang digunakan untuk menulis suatu program.

Kode sumber, yaitu kumpulan instruksi program pada komputer yang ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman.

Programmer, yaitu orang yang menulis program dengan menggunakan bahasa pemrograman, dan terakhir.

Software, yaitu perangkat lunak yang terdiri dari program-program didalamnya.

Logika Pemecahan Masalah

Dalam memecahkan suatu masalah, secara umum ada empat tahap yang harus dilakukan. Mulai dari mengenal masalah, analisis masalah, desain atau perancangan algoritma, dan terakhir yaitu implementasi, dalam hal pemrograman berarti coding.

Mengenal masalah berarti mencari tau apa yang menjadi masalah. Misal, diketahui jarak dari kota A ke kota I adalah 100 km.

Dari kota A ke kota I dapat ditempuh dengan waktu 4 jam dengan sepeda motor. Permasalahannya adalah berapa kecepatan sepeda motor tersebut sehingga dapat ditempuh dengan waktu sekian.

Setelah kita mengenal permasalahannya, kita dapat melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu analisis masalah. 

Baca juga ya..
Ane Jalan-Jalan ke Pantai Pasir Putih Sawarna Naik Motor Part Dua
Ane Jalan-Jalan ke Pantai Pasir Putih Sawarna Naik Motor Part Satu
Membuat Halaman 404 Sendiri pada Framework Codeigniter Versi 3

Analisis masalah berarti mengidentifikasi poin-poin apa saja yang terdapat pada masalah tersebut. Dari masalah di atas, kita dapat menarik tiga poin.

Poin pertama, jarak dari kota A ke kota I diketahui 100 km. Poin kedua, dari kota A ke kota I dapat ditempuh dengan waktu 4 jam. Poin ketiga, bagaimana mencari kecepatan dengan diketahui jarak dan waktu tempuhnya. 

Analisis masalah selesai, berarti selanjutnya adalah desain atau perancangan algoritma. Desain atau perancangan algoritma berarti menyusun langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah secara sistematis.

Algoritma memerlukan input agar dapat menghasilkan output. Secara singkat, skemanya adalah input - proses/algoritma - output.

Dari analisis masalah diatas, kita sudah dapat mengetahui apa yang menjadi input dan outputnya. Inputnya yaitu jarak dan waktu sedangkan outputnya yaitu kecepatan.

Kita permisalkan jarak dengan J, waktu dengan W, dan kecepatan dengan K. Mencari kecepatan rumusnya adalah jarak dibagi waktu. Sehingga algoritmanya adalah seperti berikut:
1. Jarak (J) = 100 km
2. Waktu (W) = 4 jam
3. Kecepatan (K) = Jarak (J)/Waktu (W) = 100 km/4 jam

Tahap terakhir, implementasi atau coding dari algoritma yang sudah dirancang. Pada tahap ini, bentuk dan isi coding akan berbeda tergantung bahasa pemrograman yang dipakai. Tetapi, output yang dihasilkan akan sama karena mengacu pada algoritma yang sudah dirancang. Jadi masalah terpecahkan. 

Siapa sih masalah itu sebenernya? apa saudaranya masbener?
Mari kita bertanya pada rumput yang bergoyang.


0 Komentar untuk "CatKul Dasar Pemrograman: Terminologi Pemrograman & Logika Pemecahan Masalah"