Ane Jalan-Jalan ke Pantai Pasir Putih Sawarna Naik Motor Part Satu

pantai pasir putih sawarna

Hay tjoy. ane mau ceritain pengalaman ane bersama kawan-kawan berwisata ke salah satu objek wisata di selatan Pulau Jawa, Pantai Pasir Putih Sawarna.

Objek wisata ini pasti gak asing di telinga teman-teman. Okay, ane mulai.

Persiapan perjalanan menuju Pantai Pasir Putih Sawarna

Kita kesana menggunakan motor. Jadi motor harus dalam kondisi prima. Tapi yang paling utama adalah kondisi kita, ya harus sehat wal 'afiyat karena akan menempuh jarak kurang lebih 180 km.

Kita bertolak dari Jakarta Timur, tepatnya daerah Pangkalan Jati. Beberapa hari sebelum berangkat kita googling referensi homestay di daerah sana, karena gak mungkin one day trip.

Ya mungkin saja tapi badan juga punya hak untuk istirahat. Jadi, perlengkapan menginap seperti baju ganti dan tools mandi harus dibawa. Setelah semua siap, cuss berangkat!

Berangkat! Perjalanan menuju Pantai Pasir Putih Sawarna

Kita melalui jalan Raya Bogor hingga sampai Kota Bogor. Dari Kota Bogor kita ambil arah ke Sukabumi melalui jalan Raya Sukaraja - Sukabumi.

Lurus terus ikuti jalan melewati PT Pocari Sweat hingga sampai Cibadak. Kondisi di jalan ini -bisa dibilang sangat banyak- yang rusak, jadi harus hati-hati.

Ditambah truk dan bus juga banyak yang melewati jalan ini. Setelah itu kita belok kanan melalui jalan Pamuruyan - Leuweung Datar. Patokannya yaitu plang Arus Liar. Di jalan ini kekuatan motor akan diuji! ciaat.

Jalan ini merupakan jalan di pegunungan namun banyak juga rumah warga di sepanjang jalan ini. Di sepanjang jalan ini terdapat kebun kelapa sawit yang luasnya bukan main -gak tau siapa yang punya- dan kebun karet.

Ohiya ada juga jurang di sebelah kiri jalan. Enaknya di jalan ini adalah banyak pohon-pohon dan jarang kendaraan lewat. Jadi ya bisa merasakan udara yang fresh.

Nah itu tadi kondisi di sekitar jalan ini. Terus, kondisi jalanannya sendiri?

Jalanannya banyak yang tidak rata. Ada lubang, ada juga tambalan aspal yang beda ketinggian. Bukan jalan besar namun dilewati dua arah kendaraan.

Pulangnya juga melalui jalan ini. Selain jalannya yang tidak rata, jalan ini juga banyak naik turunnya. Tanjakan dengan belokan, turunan dengan belokan, tanjakan lalu turunan, dan banyak kombinasi lain ditemui disini.

Tapi tenang, masih ada jalannya yang halus. Iya memang halus di tanjakan turunan ini, tapi ekstrim tjoy! Dan kalo sedang hujan, jalannya licin. Nih lihat gambarnya.

Baca juga ya..
Intip Interior Kereta Api Kutojaya Utara, Ular Besi Relasi Pasar Senen - Kutoarjo
Ane Jalan-Jalan ke Pantai Legon Pari Sawarna
Mengunjungi Megahnya Taman Wisata Benteng Van der Wijck

pantai pasir putih sawarna

Setelah melalui jalur pegunungan ini, jalur yang jauh dari hiruk-pikuk kota, jalur yang "jangan sampe ban bocor atau motor mogok", kita mulai masuk ke daerah yang ramai penduduk.

Ya, kita memasuki Palabuhan Ratu. Sayang, ane gak punya dokumentasi di daerah ini. Kita menyusuri jalan di sepanjang pinggir pantai.

Tjakep tjoy! Melihat ombak bergulung-gulung, diterpa angin sepoi-sepoi, melewati Pantai Karanghawu, dan -skip- jadi pengen tinggal disini.

Setelah melalui jalan ini, kita masuk lagi ke jalur pegunungan. Ganbatte kudasai motor-san!

pantai pasir putih sawarna

Memasuki jalur pegunungan, banyak ditemui rumah-rumah penduduk di sepanjang jalan. Disini jalannya halus. Tanjakan, turunan, dan belokan juga menghiasi jalan ini.

Ya bisa dibilang, uji kekuatan motor part dua. Tapi dari sini, kita bisa melihat pesona pesisir pantai dari ketinggian. See the picture below.

Keren kan? Rasanya fresh melihat ini. Ya Allah, betapa indahnya ciptaan-Mu ini. Kita mulai menjauh dari pesisir pantai dan jalan terus menanjak.

Terus ikuti jalan hingga sampai di persimpangan, belok kanan atau kiri. Dua-duanya bisa menuju ke tempat tujuan.

pantai pasir putih sawarna

Sayangnya, ane dan kawan-kawan memilih belok ke kanan karena kita gak melihat adanya plang hijau tersebut dan kita tetap mengikuti arahan dari Google Maps.

Baca juga ya..
Potret Kemegahan Gedung Arsip Nasional
Golden Sunset Di Pantai Kuta, Bali
Jeprat-Jepret di Bogor Botanical Gardens, Kota Hujan

Akhirnya, jalan yang kita tempuh lebih jauh dari jalan jika belok kiri. Kondisi jalannya pun, masyaa Allah, luar biasa menantang!

Naik turun gunung, gak rata, melalui tanah kuning yang penuh lubang dan batuan, dan dihiasi dengan lalu lalang truk-truk besar.

Ya di ujung jalan ini sebelum pesisir pantai ada sebuah pabrik -yang katanya pabrik semen- berbentuk setengah lingkaran dibagi dua dengan atap berwarna merah.

pantai pasir putih sawarna

Ane cuma punya dua gambar ini di jalan ini. Sayang, pabriknya gak ane foto juga. Pohon di jalan ini pun jarang banget, ditambah debu-debu yang beterbangan kesana kemari.

Berbeda dengan jalan jika kita belok kiri di persimpangan tadi. Tapi ya itu jadi pengalaman tersendiri buat kami, yang akan selalu terkenang didalam memori. Ciaat!

Ane ceritakan gimana kondisi jalan satunya, kita sebut jalan belok kiri. Di jalan ini kita melalui rumah-rumah penduduk kemudian memasuki hutan dengan jalan yang -bisa dibilang banyak- berlubang.

Jalanannya penuh tanjakan dan turunan disertai dengan kelokan-kelokan yang sesuatu. Jalan ini dilalui dua arah kendaraan, jadi harus hati-hati.

Total durasi perjalanan jika memilih belok kanan kurang lebih delapan jam, jika memilih belok kiri kurang lebih tujuh jam.

Setelah itu, tibalah kita di depan gapura kawasan wisata Pantai Pasir Putih Sawarna. Lagi-lagi ane gak punya fotonya, hiks!

pantai pasir putih sawarna

Foto-foto di pantainya ada di post berikutnya ya, di part dua karena ini sudah terlalu panjang tjoy! Di part dua nanti, ane ceritain biayanya, homestaynya seperti apa, dan juga foto pantai tentunya.

Jadi keep in touch di AneIqbal ya. Keep safety riding!

Ane Jalan-Jalan ke Pantai Pasir Putih Sawarna Naik Motor Part Dua

Tag : Jalan2Men
0 Komentar untuk "Ane Jalan-Jalan ke Pantai Pasir Putih Sawarna Naik Motor Part Satu"