Menampilkan Halaman Login phpMyAdmin, Ente Mau Tau Caranya? Baca Ini!

Apa sih phpMyAdmin? Sepertinya pernah denger dan gak asing di telinga

Teman-teman developer pasti tahu apa itu phpMyAdmin. Menurut Wikipedia, phpMyAdmin adalah perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL melalui Jejaring Jagat Jembar (World Wide Web).

phpMyAdmin mendukung berbagai operasi MySQL, diantaranya (mengelola basis data, tabel-tabel, bidang (fields), relasi (relations), indeks, pengguna (users), perijinan (permissions), dan lain-lain).

cara menampilkan halaman login phpmyadmin


Nah jadi, phpMyAdmin ini merupakan aplikasi pengolah database MySql. Mulai dari membuat, menghapus, dan mengedit database dan data yang ada didalamnya.

Selain itu, phpMyAdmin dapat mengolah user yang mengakses database juga. Mulai dari membuat, menghapus, dan mengedit user.

Hak akses user terhadap pengaksesan database juga dapat diatur oleh phpMyAdmin. Jika kita menginstall XAMPP/LAMPP, maka phpMyAdmin juga sudah termasuk didalamnya.

Secara default, saat kita menjalankan service Apache dan MySql XAMPP lalu membuka phpMyAdmin dengan mengetik url http://localhost/phpmyadmin pada address bar browser, maka akan langsung terbuka.

Tentu ini tidak aman karena semua orang dapat membukanya. Kita tidak ingin ada orang yang tidak bertanggungjawab mengolah database yang kita punya.

Lalu bagaimana supaya aman dan tidak semua orang bisa membuka?

Mengamankan database yang kita punya dapat dilakukan dengan mengatur usernya. Secara default, user utama atau user root phpMyAdmin tidak diberi password, oleh karena itu phpMyAdmin dapat dibuka dengan mudah.

User root ini harus diberi password. Setelah diberi password, halaman login akan muncul terlebih dulu saat membuka phpMyAdmin. Jadi, tidak semua orang bisa membuka.

Ada dua langkah yang harus dilakukan agar phpMyAdmin memunculkan halaman login.

Pertama, memberi password melalui phpMyAdmin

Jalannkan browser kemudian ketik http://localhost/phpmyadmin pada address bar. Pilih tab Users lalu klik Edit Privileges pada user root. Lihat gambar berikut.

cara menampilkan halaman login phpmyadmin

Setelah itu, klik Change Password. Pilih Password lalu ketikkan passwordnya. Kemudian klik Go.

cara menampilkan halaman login phpmyadmin

Kedua, memberi password dengan mengedit file config.inc.php phpMyAdmin

File config.inc.php phpMyAdmin dapat kita temui di C:\xampp\phpMyAdmin untuk Windows dan /opt/lampp/phpmyadmin/ untuk Linux.

Isi file yang harus diubah adalah pada bagian $cfg['Servers'][$i]['auth_type'] = 'config'; dan $cfg['Servers'][$i]['password'] = '';

Untuk bagian $cfg['Servers'][$i]['auth_type'] = 'config' kita ubah menjadi $cfg['Servers'][$i]['auth_type'] = 'cookie'.

Selanjutnya, untuk bagian $cfg['Servers'][$i]['password'] = ''; kita ubah menjadi $cfg['Servers'][$i]['password'] = 'passwordmu';. passwordmu harus sama dengan password yang diberi melalui phpMyAdmin tadi. Selanjutnya, simpan perubahan file tersebut.

Terakhir, restart service Apache dan Mysql. Kemudian jalankan kembali phpMyAdmin maka muncul halaman login.

Ente juga bisa lihat versi videonya dibawah ini.



Tag : TipsTrick
1 Komentar untuk "Menampilkan Halaman Login phpMyAdmin, Ente Mau Tau Caranya? Baca Ini!"

min, fungsi mengubah dari config menjadi cookie kenapa min?